Translate

Friday 10 February 2012

Pemanfaatan Limbah Hewan Ternak

Semakin hari kebutuhan akan energi semakin meningkat,sehingga perlu adanya upaya penggunaan energi alternatif untuk memenuhi kebutuhan tersebut. banyak sekali potensi - potensi yang dimiliki oleh daerah di pedesaan pada umumnya. Seperti pemanfaatan limbah kotoran ternak untuk pembuatan Biogas Sebagai pembngkit tenaga listrik maupun sebagai bahan bakar untuk memasak( Bio gas).
Prinsip pembuatan biogas adalahÿ adanya dekomposisi bahan organik secara anaerobik (tertutup dari udara bebas) untuk menghasilkan gas yang sebagian besar adalah berupa gas metan (yang memiliki sifat mudah terbakar) dan karbon dioksida, gas inilah yang disebut biogas.
Proses dekomposisi anaerobik dibantu oleh sejumlah mikroorganisme, terutama bakteri metan. Suhu yang baik untuk proses fermentasi adalah 30-55øC, dimana pada suhu tersebut mikroorganisme mampu merombak bahan bahan organik secara optimal.

Selain Biogas limbah dari hewan ternak bisa juga dimanfaatkan untuk pupuk yang tentunya sangat berguna untuk petani, apalgi kebutuhan akan pupuk dan juga harganya kian melambung.


 Tak heran banyak petani yang memelihara ternak sebagai sumber dari pupuk organik sebagai sumber dari pupuk organik tersebut.

1 comment:

  1. bner banged mas.. harus bisa memanfaatkan limbah hewan ternak untuk menekan pemakaian SDA yang semakin menipis...
    oiya mas komentar yang waktu itu sudah saya balas.. silahkan cek disini Membuat Mail Merge 2007

    ReplyDelete